Gerhana mulai sekitar jam 02.15 dinihari.Karena terbatasnya info yang saya punya sebelum peristiwa ini, persiapan saya boleh dikatakan gak ada. Ternyata bukan gerhana total.
Sekaligus mau mencoba memotret dengan cara yang dia ajarkan KGB dkk. Gerhana sebelumnya saya potret dengan full auto, hasilnya kamera gak bisa fokus.
Mohon saran dari teman2.
Sekarang saya atur :
Manual kadang2 A. Harusnya Manual ya ?
Bukaan terbesar f/3,7. Bener gak ?
ASA 200 malah kadang 400 (karena kwatir gak bisa jadi).
Sekarang saya rasa ASA 100 bisa juga, jadi noisenya kurang
Speed ikut kamera, soalnya gak bisa ngaturnya saat itu ... harus belajar lagi nih ..
Akhirnya sepertilah ini jadinya. Sekarang saya sadar mungkin lebih baik ASA 100 saja.Juga speed 1/800 menghasilkan detail yang lebih bisa dilihat. (Speed waktu bulan kecil, diatur kamera jadi 1/10 - 1/4 dll jadi gak ada detailnya sama sekali ... hiks hiks hiks ...
Mohon saran teman2 bagaimana lebih baiknya ...
2 jam awalnya saya melek terus, kemudian bangun-tidur-bangun setiap 10-15 menit ..Jadi waktu gerhananya minimum gak terpotret ...Akhirnya malaha ketiduran terussssss ....
Lima gambar pertama adalah proses bayangan masuk. Foto setelahnya saat bayangan keluar, terlihat sedikit terputar counterclockwise.
-Eko -
Jam 4.43
Pak PAB :
Saya share ya, seingat-ingat saya saja maklum sudah tuwir dan kelamaan, belajarnya waktu masih jaman kuda gigit besi di CandraNaya :-)
1. Kalau bisa pakai tripod, diusahakan manual, dulu saya pakai 1-2B atau 1- 2 menit, kalau mau sempurna pakai remote shut kayak KGB agar kameranya gak goyang sama sekali atau time delay.
2. Kalau obyeknya jauh, saya lebih suka f/16 atau semakin kecil diafragma semakin tajam bebas distorsi, pernah dengar kamera korek api, benar2 dari kotak korek api yg dilubangi jarum dan didalamnya dipasang film.
3. Semakin rendah ASAnya semakin halus hasilnya karena butiran perak oksidanya lebih banyak, itu kalau pakai film, nggak tahu sekarang pakai CCD Kalau mau bobo pinjam dulu timer shutternya KGB yg dipakai buat potret apa waktu itu atau kalau ada partsnya bikin sendiri pakai solenoid dan Omron timer.
Bisa tanya sama KGB, Hoke dan Mas E Supatra karena saya sudah lupa2 ingat :-)
KGB :
Untuk foto gelap2an malam, ASA cukup 100, yang dimainkan hanya bukaan dan lama bukaan. Benar kata pak PAB kalau mau fokusnya tajam semua, pakai bukaan kecil f16, cuma jadi bukaannya harus lama , karena itu harus pakai tripod + remote release/timer. Cuma nggak boleh terlalu lama juga karena bulannya nanti jadi peang karena sduah bergerak (sebenarnya bumi yang berputar), jadi pas gerhana totalnya , iso boleh dinaikkan ke 200. Ini ada tabel buat lama bukaannya tergantung besar-kecilnya daerah bulan yang tertutup. Info lebih jelasnya bisa lihat dihttp://home.hiwaay.net/~krcool/Astro/moon/howtophoto/






No comments:
Post a Comment