Klip bikinan Kusuma. Terima kasih ya Kus..

Tuesday, October 14, 2008

Tips Dj memulai akuarium

Petunjuk Dj :
1 . Cari/beli aquariumnya pilih tempat yang tidak kena langsung sinar matahari.
2 . Beli pasir yang sangat halus,untuk dasar dari aquarium, supaya kerikil / pasir yang kasar,tidak ngrusak kaca dasar aquarium , jadi beret-beret.....
3 . Baru kerikil yang agak kasar....( tapi semuanya harus dicuci bersih lho ya...supaya tidak bawa penyakit. Pasir halus dan kerikil tesebut, minimum 6 cm tingginya dari dasar aquarium, agar akar tanaman bisa merambat kedalam dan menjadi kuat.
4 . Jangan lupa masukin air......nah setelah aquarium penuh....tunggu seminggu..baru ditanamin, tanaman yang kita suka, yang besar dibelakang dan yang kecil didepan. Boleh dipasang dekorasi dengan menaruh batu, atau akar kayu yang dijual di toko ikan( Moorwood ), tapi juga harus dicuci dulu. Kalau akar kayu, haru direndam di air selama 2-3 hari sebelum di masukan di aquarium..... Karena akar kayu tersebut, masih banyak mengandung zat-zat yang lain, juga warna coklat yang membuat aquarium jadi kurang bagus.
5 . Kalau aquarium sudah selesai di dekorasi, mesti nunggu satu, atau dua minggu lagi, sehingga airnya sudah siap/jadi. Karena air yang baru dari keran, itu kami bilang airnya masih mentah, belum ada kehidupan didalam nya ( belum ada bakteri yang positiv ). Bakteri yang positiv ini sangat penting buat kehidupan ikan di aquarium,sebagai DAYA TAHAN TUBUH......buat si ikan.
6 . Seandainya semuanya sudah terpenuhi....maka bisa beli ikan yang kita senangi / suka.... Nah...untuk hal ini pun....mesti hati-hati.....kalau sudah ditoko ikan...lihat baik-baik....apa ikan nya benar-benar sehat, gemuk, mau makan dan di dalam aquariun di toko, tidak ada ikan yang mati.....itu air sudah tercemar...jangan beli ikan dari itu aquarium.
7. Seandainya sudah mendapatkan ikan yang disenangi...juga jangan buru-buru langsung dimasukan ke dalan aquarium... Ikan yang dibeli dan ada di dalan kantong plastik, lihat plastiknya harus bersih dan setelah dibuka itu plastiknya, maka dengan plastiknya dimasukan ke dalam aquarium. Tunggu 20 -30 menit, sampai temperatur didalam aquarium dan yang di dalam plastik sama....baru kantong plastik tersebut dimiringkan sehingga air di dalam aquarium bisa masuk ke kantong plastik secara perlahan, olehnya akan terjadi percampuran antara kedua air yang berbeda, sehingga ikan dalam kantong plasti tidak shock dan stress..... Ikan di dalam kantong plasti...akan keluar dengan sendirinya secara perlahan-lahan, tanpa dipaksa.... Tapi kalau lain waktu, beli ikan lagi, jangan langsung di campur dengan ikan yang sudah ada di aquarium, harus di quarantina dulu, siapa tau ikan yang baru itu bawa penyakit....yang menyebabkan ikan yang lain nya bisa sakit dan mati...kasihan kan...???


Ikan Oscar
Selamat merawat ikan di aquarium...jangan takut.....kalau apa yang Dj. tulis diatas bisa dipenuhi, maka ikan akan sehat dan tidak banyak kerjaan nantinya.....Airnya jangan sekali-kali diganti semuanya...karena bakteri yang positiv yang akan hilang dan mulai dari awal lagi...cukup 1/3 dari air di aquarium yang di ganti dan itu hanya 6 bulan sekali, dan filternya di bersihkan....


ikan kecil-kecil ( schwertträger )...juga manis....cuma cepat sekali berkembang biaknya.

Pertanyaan Dj:

Apa yang bikin ikan, atau kucing, anjing, burung, tanaman, dan semua peliaraan kok bisa mahal sekali....??? Siapa yang bisa jawab ???
Nanti Dj. akan kirimin hadiah.......Okay..???

No comments:

Post a Comment